Kamis, 06 September 2012

Tempat Wisata Menarik di Lombok

Finally, selesai juga dan bisa dengan segera di posting, happy reading :).............................

Tidak hanya Bali, Lombok pun saat ini menjadi salah satu tempat tujuan pariwisata nasional maupun internasional. Jika dulu hanya terkenal dengan Gili Trawangan, tapi masih banyak objek wisata lainnya yang bisa dikunjungi. Berikut ini akan saya infokan beberapa tempat wisata yang bisa anda jadikan referensi untuk berlibur.

*Desa Sade
Desa Sade terletak di Kec. Pujut Kab. Lombok Tengah Prov. Nusa Tenggara Barat. Tidak susah untuk menemukan desa ini, karena terletak di tepi jalan Praya - Kuta, dan di depan desa terdapat papan besar bertuliskan Desa Sade. Merupakan salah satu perkampungan suku atau penduduk asli lombok yaitu suku Sasak. Selain itu bangunan di desa ini juga masih tradisional yang terbuat dari kayu, bilik bambu dan atap jerami. Dan juga merupakan salah satu desa tradisional yang masih bertahan diantara ratusan desa tradisional yang terdapat di Indonesia.

*Desa Banyumulek
Merupakan salah satu desa wisata di daerah Lombok dan terletak di Kec. Kediri Lombok Timur. Dan desa ini juga terkenal dengan masyarakatnya yang berprofesi sebagai pengerajin gerabah.

*Desa Sukarera
Adalah salah satu desa pengerajin kain songket di Indonesia yang berada di Lombok, dan menjadi mata pencaharian masyarakat sekitar, dimana ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

*Pantai Kuta
Eits...........jangan dulu terkecoh ya, namanya memang sama tapi berbeda lokasi, kalau pantai kuta yang ini adanya di Lombok. Pantai dengan pasir putih ini terletak di Desa Kuta. Menjadi tempat wisata yang menarik di Lombok, dan di pantai ini juga satu kali setiap tahunnya diadakan upacara adat suku Sasak.

*Pantai Tanjung A'an
Terletak dekat dengan Pantai Kuta, tepatnya sebelah timur. Pantai ini sendiri telah menjadi ikon wisata dari Lombok. Pantainya sangat cantik, bersih, dan tenang sehingga waktu tak terasa berjalan.

*Pantai Senggigi
Tidak hanya pantai Kuta & Tanjung A'an, tapi juga ada pantai Senggigi, salah satu pantai favorit wisatawan. Disamping ombak tenangnya yang juga cocok untuk bersnorkeling, pantai ini juga mempunyai keunikan yang terletak pada pasir pantainya yang sebagian berwarna putih dan sebagian lagi berwarna hitam. Selain itu juga, garis pantainya yang panjang menjadi salah satu nilai lebih dari pantai ini. Jika ingin menikmati sunset datanglah pada sore hari, anda akan disuguhkan pemandangan alam berupa terbenamnya sang surya.

*Hutan Lindung Pusuk
Hutan Lindung Pusuk merupakan bagian kawasan dari kawasan Hutan Rinjani Lombok. Para wisatawan biasanya singgah di tempat ini, karena tempat ini juga satu jalur dengan objek wisata lain seperti air terjun sendang gile, air terjun tiu kelep, dan gili trawangan. Ditempat ini juga wisatawan dapat menjumpai sekawanan monyet yang sedang asyik bercengkrama sambil menanti di beri makan oleh pengendara yang lewat.

*Bukit Malimbu
Bukit ini berada di Kabupaten Lombok Utara. Sore hari adalah waktu yang tepat untuk mengunjungi tempat ini, sekalian juga sambil menikmati sunset dari atas bukit.

*Gili Trawangan
Terdapat 3 gili atau pulau kecil di Lombok, Gili Meno, Gili Air dan yang terbesar adalah Gili Trawangan. Gili Trawangan adalah salah satu gili yang mempunyai fasilitas lengkap, seperti penginapan dan restaurant. Aktifitas yang biasa dilakukan di tempat ini antara lain diving dan snorkeling.

*Air Terjun Sendang Gile
Air terjun sendang gile merupakan salah satu tempat yang wajib untuk dikunjungi ketika berlibur ke Lombok. Air terjun ini menawarkan kesejukan, suara gemericik air dan juga percikan air yang mengenai badan dan juga wajah kita membuat hati tenang dan badan menjadi segar. Ketinggian air terjun ini lebih kurang 30 meter, muncul dari atas tebing dan langsung jatuh ke sungai yang ada dibawahnya, anda juga bisa berenang atau hanya sekedar untuk bermain - main dengan airnya yang sejuk dan dingin.

*Air Terjun Otak Kokok Gading
Memiliki ketinggian lebih kurang 5 meter yang keluar dari akar pohon banjur yang usianya sudah ratusan tahun. Menurut kepercayaan masyarakat sekitar, konon air ini berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit.

*Air Terjun Tiu Kelep
Rasa lelah naik turun bukit kecil yang berjarak sekitar 35m terbayarkan dengan curahan air dari air terjun tiu kelep ini. Dalam bahasa Sasak, Tiu itu berarti pusaran sedangkan Kelep berarti luapan air yang semakin lama akan menghilang. Wisatawan dapat dengan aman berenang disana, karena dalam air terjun tersebut ada tebing batu yang menjaga sehingga aman untuk berenang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar